Home » , » Fungsi Albumin bagi Tubuh

Fungsi Albumin bagi Tubuh

Albumin adalah segala jenis protein monomer yang larut dalam air dan larutan garam, dan mengalami koagulasi saat terpapar panas. Substansi yang mengandung Albumin, seperti putih telur, disebut albuminoid. Pada manusia, Albumin diproduksi oleh retikulum endoplasma di dalam hati dalam bentuk proalbumin, kemudian diiris oleh badan Golgi untuk disekresi memenuhi sekitar 60% jumlah serum darah dengan konsentrasi antara 30 hingga 50 g/L dengan waktu paruh sekitar 20 hari. Albumin memiliki berat molekul sekitar 65 kD dan terdiri dari 584 asam amino tanpa karbohidrat.
Mutasi pada gen ini dapat mengakibatkan berbagai macam protein dengan fungsi yang tidak beraturan oleh karena perubahan sifat pada domain penyerapnya, oleh karena itu, spesi reaktif oksigen, spesi reaktif nitrogen dan produk dari hasil reaksi dengan biomolekul lain seperti produk peroksidasi lipid, terjadi secara fisiologi dan patofisiologi dengan adanya Albumin.
Fungsi Albumin bagi tubuh manusia:
  • Meransang hormon tiroid.
  • Merangsang hormon lain, khususnya yang dapat larut dalam lemak.
  • Meransang asam lemak menuju hati.
  • Meransang obat-obatan dan memperpendek waktu paruh obat tersebut.
  • Meransang bilirubin.
  • Mengikat ion Ca2+.
  • Sebagai larutan penyangga.
  • Sebagai protein radang fase-akut negatif.
Konsentrasi Albumin akan menurun sebagai pertanda fase akut respon kekebalan tubuh setelah terjadi infeksi, namun bukan berarti bahwa tubuh sedang dalam keadaan kekurangan nutrisi. Mengatur tekanan osmotic dalam darah. Albumin menjaga keberadaan air dalam plasma darah sehingga bisa mempertahankan volume darah. Bila jumlah Albumin turun maka akan terjadi penimbunan cairan dalam jaringan (edema) misal terjadi pembengkakan di kedua kaki. Atau bisa terjadi penimbunan cairan dalam rongga tubuh misal di perut yang disebut ascites.
Albumin Capsule dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan luka luar maupun luka dalam, membantu proses penyembuhan pada penyakit : Hepatitis, TBC, Infeksi Paru-paru, Nephrotic, Syndrome, Tonsilitis, Typhus, Diabetes, Patah tulang, ITP, HIV, Grastitis, Sepsis, Stroke, dan Thalasemia Minor, Mempercepat proses penyembuhan pasca operasi, Menghilangkan Oedem (pembengkakan), Memperbaiki gizi buruk pada bayi, anak dan ibu hamil Membantu penyembuhan autis, dan Sebagai larutan pengganti pada keadaan defisiensi Albumin.

0 comments:

Post a Comment


Powered by Blogger.